Ayah Bunda, tidak mudah mengajarkan anak untuk berperilaku hidup bersih. Anak-anak main di tempat tak hieginis, tak peduli kotoran, buang sampah sembarangan, dan sebagainya kadang membuat Ayah-Bunda khawatir. Bagaimana membiasakan hidup bersih dan sehat kepada anak-anak?

  • Peran orang tua sangat penting, tak cukup mengarahkan tapi memberi contoh. Misalnya cuci tangan sebelum makan, cuci tangan setelah menyentuh barang yang kotor. Tanpa ada teladan, sulit mendidik anak sesuai yang Ayah-Bunda harapkan.

    Membiasakan membuang sampah pada tempat sampah. Misalnya saat kita naik sepeda motor atau mobil, terkadang anak membuang sampah di jalan. Jika itu terjadi, orang tua bisa meminta anak untuk mengambil kembali sampah itu, disimpan dulu sebelum dibuang ke tempat sampah. “Nak, yuk ambil lagi sampah itu. Nanti dibuang ke tempat sampah yaa.” Demikian contoh mengajak anak yak membuang sampah sembarangan.

  • Kasih pujian jika anak mempraktikkan perilaku yang baik seperti buang sampah pada tempatnya. “Anak hebat, membuang sampah pada tempatnya,” demikian contoh pujian kepada anak.

Like Fans Page Zona Krucil: https://goo.gl/WMuwF1