Aduh senangnya foto tentang anak kita banyak di-like oleh pengguna media sosial. Bangga tentunya. Padahal Ayah Bunda harus hati-hati lo saat mengunggah foto anak ke medsos. American Academy of Pediatrics mengenalkan istilah Sharenting, dari kata share dan parenting. Jadi, Ayah Bunda harus hati-hati saat berbagi foto ke medsos.

Kenapa?

1. Di medsos banyak berkeliaran pedofil alias predator seks. Karena itu, jangan sekali-kali upload foto anak sedang mandi, berenang, atau dalam posisi yang privat walaupun anak kita masih kecil.

2. Hindari menyertakan identitas diri saat upload foto anak. Misalnya alamat, nama sekolah, bahkan seragam sekolah. Ya, kita hati-hati saja, karena orang yang berniat jahat bisa memanfaatkan informasi diri anak.

3. Pikirkan tingkat privasi medsos itu, apakah hanya bisa diakses teman atau publik? Ada anak yang tidak nyaman ketika fotonya ada di medsos. Bahkan, kadang kala anak bisa jadi korban bully.

4. Jika kita lagi piknik, lalu mengunggah foto di Instagram disertai keterangan location, pikirkan masak-masak. Jangan sampai hal itu malah menimbulkan risiko, mengundang tindak kejahatan.

5. Intinya, hati-hati saat mengunggah foto anak ke medsos ya

 

IG : @zonakrucil
FB : Zona Krucil