Di berbagai film keluarga, ayah dan bunda pasti kerap melihat adegan orang tua yang menceritakan isi buku kepada anak-anak mereka. Kegiatan itu ternyata memiliki banyak manfaat lo.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud, baru-baru ini meluncurkan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) yaitu membiasakan orang tua membacakan buku untuk anak. Tujuannya mempererat hubungan sosial–emosi antara anak dan orang tua serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Dikutip dari laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Sukiman, menyampaikan orang tua mempunyai peran sangat penting dalam menumbuhkan minat baca pada anak.

”Membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses diawali dengan kecintaannya akan membaca,” jelas Sukiman dalam sambutannya saat membuka diskusi kelompok terpumpun antara Kemendikbud dengan beberapa lembaga terkait, Senin (12/2/2018) di Ruang Sidang Ditbindikkel, Gedung C, lantai XIII Kemendikbud.

Gernas Baku dimulai pada Februari 2018. Puncaknya akan dilakukan serentak pada 5 Mei 2018. Pada acara puncak, orang tua secara serentak diharapkan membacakan buku untuk anak-anak mereka.

Jadi, tunggu apalagi ayah dan bunda. Mari kita sukseskan gerakan ini ya. Abad ini menuntut para orang tua mendampingi anak-anak mereka mampu menguasi kecakapan beragam literasi (multiliterasi). Dengan begitu akan tumbuh anak-anak yang mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. (dari sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id)

 

 

Like Fans Page Zona Krucil: https://goo.gl/WMuwF1