Anak-anak zaman now, tak bisa sepenuhnya dijauhkan dari gadget atau gawai. Daripada buah hati ayah-bunda curi-curi waktu bermain gadget kenapa tidak sekalian dikenalkan? Nah apa saja yang harus dicermati? Simak sejumlah tipsnya.

Sepakati batas waktu
Kenalkan anak dengan gadget dengan aturan yang jelas. Artinya saat anak memegang gadget, ayah-bunda harus memberi batasan waktu penggunaan smartphone.

Wajib Dampingi 
Jangan pernah membiarkan anak bermain gadget tanpa pendampingan. Dampingi anak saat mengeksplorasi gadget, serta beri pengertian soal batasan.

Manusia pengontrol gadget
Tanamkan pada buah hati manusialah penguasa alat eletronik dan bukan sebaliknya.

Orang tua wajib kuasai gadget
Ini yang penting, orang tua juga haruis paham gadget. Pelajari gadget baik aplikasi maupun games yang biasa diunduh buah hati. Pastikan keamanan aplikasi tersebut untuk sang buah hati.

Bersiap dengan aneka skenario 
Ajarkan anak untuk menjaga informasi pribadi terutama saat mengisi aplikasi. Beri trik segera tutup aplikasi jika tak sengaja membuka konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Pahami pertumbuhan anak
The American Academy of Pediatrics menyebut anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya steril dari kegiatan yang melibatkan layar monitor. Selain dampak kesehatan mata anak, gadghet juga memancarkan radiasi yang mengganggu perkembangan otak anak.

IG : @zonakrucil
FB : Zona Krucil