Lingkungan yang berdebu, alergi, hingga flu menjadi penyebab kita tiba-tiba bersin. Yang unik, kenapa kita selalu bersin dengan kondisi mata tertutup? Ada penjelasan ilmiah soal ini kawan.

Dilansir detikhealth (27/7/2010), bersin merupakan suatu kegiatan positif karena berfungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorakan). Meskipun terlihat sederhana, bersin adalah salah satu tindakan tubuh yang sangat rumit.

Bersin diproduksi saat adanya kontak dengan iritasi di mukosa hidung sehingga merangsang saraf trigeminal. Kontak itu merangsang pons dan medullai di otak yang pada gilirannya memicu reaksi saraf tambahan.

Saat bersin terjadi stres yang luar biasa pada tubuh hingga menimbulkan tekanan udara di mata. Tekanan tambahan tersebut memang tidak akan membuat mata copot atau keluar, tapi membuat mata merasa tidak nyaman. Akhirnya secara refleks seseorang akan menutup matanya sebagai bentuk perlindungan.


Selain itu, dorongan saat seseorang akan bersin memengaruhi berbagai organ tubuh, termasuk perut, dada, leher, dan wajah. Saat bersin impuls atau rangsangan akan berjalan melalui wajah seseorang yang juga menyebabkan kelopak mata menutup atau berkedip. Respons ini bersifat otomatis atau tidak bisa dikontrol.

IG : @zonakrucil
FB : Zona Krucil